SEJARAH ANIME DAN MASUKNYA ANIME KE INDONESIA

Pendahuluan


Anime (\アニメ) adalah Animasi Jepang (Japanese Animation) yang banyak digunakan di berbagai serial TV, Film, Video, Games, Komersial, dan Beberapa Situs Internet. Kian Lama Anime ini semakin Populer. Banyak Serial TV Anime yang diambil dari Manga (Komik Jepang). Nama Anime diambil dari kata Animation yang berarti Animasi. Di Jepang, Pelafalan kata Animation menjadi Anime-Shon, Kata ini kemudian disingkat menjadi Anime yang berarti Animasi buatan Jepang. Lalu bagaimana Perkembangan Animasi Jepang ini ?

Animasi mulai ada di Permulaan abad ke-20, saat para pembuat Film mengeksperimenkan Teknik Animasi yang sudah ada di Amerika Serikat, Prancis, Jerman dan Russia. Sejarah karya animasi di Jepang diawali dengan dilakukannya First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Kemudian diikuti film pendek karya Oten Shimokawa yang merupakan Anime pertama. Anime ini berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki, Anime ini dibuat dan selesai pada tahun 1917, Anime ini hanya berlangsung selama 5 menit dan sampai sekarang Anime itu tidak dipakai lagi... Anime ini bercerita tentang seorang samurai sedang mengetes Pedangnya dengan suatu Target. Pada saat itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi sepanjang 5 menit tersebut dan masih berupa “film bisu”. Karya Oten itu kemudian disusul dengan anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro hasil karya Seitaro Kitayama pada tahun 1918, yang dibuat untuk pihak movie company Nihon Katsudo Shashin (Nikatsu). Pada tahun 1918 Seitaro kembali membuat anime dengan judul Taro no Banpei. Tetapi semua catatan tentang anime tersebut dikatakan hilang akibat gempa bumi di Tokyo pada tahun 1923.
.

Pada tahun 1927, Amerika Serikat telah berhasil membuat animasi dengan menggunakan suara (pada saat itu hanya menggunakan background music). Jepang kemudian mengikuti langkah itu dan anime pertama dengan menggunakan suara musik adalah Kujira (1927) karya Noburo Ofuji. Sedangkan anime pertama yang “berbicara” adalah karya Ofuji yang berjudul Kuro Nyago(1930) dan berdurasi 90 detik. Salah satu anime yang tercatat sebelum meletus Perang Dunia II dan merupakan anime pertama dengan menggunakan optic track (seperti yang digunakan pada masa sekarang) adalah Chikara To Onna No Yononaka (1932) karya Kenzo Masaoka.

Lama sesudah itu, tahun 1962 ada Anime yang merupakan Salah Satu Anime yang memasuki Era kesuksesan pertama. Anime ini bernama Tetsuwan Atom (Di Luar Jepang, Anime bernama Astro Boy) Karya Ozamu Tezuka. Astro Boy sangat Terkenal, bahkan sampai ditayangkan ke beberapa negara di luar Jepang. Namun, Astro Boy bukanlah animasi televisi buatan lokal pertama. Tahun 1960 adalah pertama kalinya ditayangkan anime TV di Jepang, yaitu yang merupakan Mittsu no Hanashi (Tree Tales) – The Third Bloodanime TV Special. Ozamu Tezuka dikatakan sebagai "Legenda dan Dewa para Manga". Astro Boy dibuat oleh Osamu Tezuka Production Animation Departement yang didirikan oleh Ozamu Tezuka (Dia mendirikan perusahaan baru ini di tahun 1962).

Seiring permulaan tahun 1970, Populasi pembelian Manga semakin Melonjak. Robot (Mecha) besar dalam anime pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966 melalui karya Shotaro Kaneda, Tetsujin 28. Sejak itu mulai bermunculan anime-anime yang bertema hampir serupa, Contohnya Gundam. Anime yang diangkat dari karya mangaka dengan nama Monkey Punchyaitu Lupin Sansei (Lupin III) menjadi anime yang ditujukan bagi penonton dewasa dengan menyajikan humor-humor dewasa dan slapstick violence. Acara televisi ini ternyata sangat digemari sehingga muncul dalam bentuk film dan bahkan serial televisinya pun dibuat menjadi 2 sekuel.

Memasuki era 80-an, anime semakin digemari dan semakin banyak produser film yang berusaha memenuhi keinginan masyarakat. Pertumbuhan ini semakin ditunjang dengan munculnya kaset video sebagai media. Dengan adanya teknologi VCR, masyarakat bisa memperoleh anime kesayangan mereka dalam bentuk video. Hal inilah yang kemudian mendorong munculnya versi video sebuah anime yang langsung dijual kepada masyarakat tanpa harus ditayangkan di televisi terlebih dahulu. (Dikenal dengan istilah OVA - Original Video Animation atau OAV - Original Animated Video). Keiji Nakazawa mengangkat tema korban Hiroshima dengan judul Hadashi no Gen yang diangkat menjadi anime pada tahun 1983 dengan sutradara Masaki Mari. Salah satu anime terkenal yang mengangkat tema serupa adalah Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies). Dengan bermunculannya anime-anime dengan tema yang kompleks dan mendalam, maka anime telah menembus batasan “hanya untuk anak-anak” dan telah menjadi tontonan bagi berbagai macam tingkat usia pemirsa.

Anime masuk di Indonesia pertama kalinya adalah sekitar awal tahun 1980-an yang pada masa tersebut hadir dalam format video kaset. Tahun-tahun selanjutnya perjalanan hidup anime mengalami pasang surut dan sempat vakum seiring berakhirnya era mesin video Beta pada akhir tahun 1980-an. Sedangkan stasiun televisi lebih banyak memberikan jam tayangnya untuk animasi buatan Amerika atau Eropa yang dianggap lebih mudah memperoleh popularitas. Anime kemudian tidak lagi dianggap sebagai suatu trend sehingga sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan.

Hingga akhirnya pada pertengahan tahun 1990-an anime mulai kembali eksis dan merupakan hal yang menggembirakan bagi penggemar anime di Indonesia. Stasiun-stasiun televisi mulai kembali gencar menayangkan acara anime. Saint Seiya, Sailor Moon, Magic Girls, Magic Knight Rayearth, Dragon Ball, Shulato dan masih banyak judul lainnya yang pernah ditayangkan mendapatkan respon positif dari pada penggemarnya dimana masih tetap eksis walaupun sebagai kelompok minoritas dan secara tidak langsung mendukung perkembangan anime di Indonesia.




Kemudian pada tahun-tahun terakhir ini anime mulai kembali menjadi booming lagi di Indonesia. Seperti yang dapat dilihat dari kepopuleran anime Pokemon dan Crayon Shinchan yang menghebohkan sekaligus paling kontroversial pada beberapa tahun yang lalu. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya porsi tayang untuk anime yang mulai mendominasi program film animasi di berbagai stasiun televisi. Beberapa diantaranya seperti Doraemon, Saint Seiya, Sailor Moon, Crayon Shinchan, Medabots, Card Captor Sakura, Beyblade, Inuyasha, Pokemon, Digimon, Minky Momo, Creamy Mami, Shaman King, Ghost at School. Bubu Chacha, One Piece, Hunter X Hunter, Cashern dan Hamtaro.




Tahun 1980-1989

Berawal dari serial Google V, Ultraman hingga anime klasik seperti Voltus V, Macross, Gundam bahkan dorama Klasik Oshin, sedikit demi sedikit masyarakat Indonesia mulai diperkenalkan kepada bentuk dan jenis hiburan yang berasal dari Jepang (J-Entertaintment). Pertama kali anime masuk di Indonesia adalah sekitar awal tahun 1980-an yang langsung menjadi trend di masyarakat. Hal ini disebabkan karena anime-anime pada masa tersebut merupakan pelopor dari eksistensi anime di Indonesia. Yaitu untuk pertama kalinya masyarakat mengenal anime, yang sama sekali berbeda dengan film-film animasi buatan Amerika atau Eropa Barat yang sebelumya merajai dominasi film di animasi Indonesia. Masyarakat memandang anime sebagai suatu bentuk hiburan baru yang unik dan menarik sehingga dengan cepat meraih popularitas. Penonton anime di Indonesia pada masa tersebut terutama adalah anak-anak.




Pada periode tersebut anime beredar dalam bentuk format video cassete yang muncul seiring dengan populernya mesin video Beta. Dan yang sangat berperan besar dalam peredaran dan perkembangan anime pada saat itu adalah Trio Video Tara, yaitu sebagai satu-satunya distributor resmi anime di Indonesia.

Anime yang masuk di Indonesia terutama adalah judul-judul yang populer dan dibuat di Jepang pada era 1970-an, yaitu anime genre science fiction yang banyak menampilkan cerita dengan mecha Super Robot, seperti Voltus V, God Sigma, Captain Giking, Getta Robo, atau Star Blazers. Selain genre science fiction, di Indonesia juga terdapat anime dengan genre komedi seperti Doraemon, genre Magical Girls seperti Lulu The Flower Angel, atau genre drama romance seperti Candy-Candy dan lain sebagainya.

TVRI sebagai satu-satunya stasiun televisi di Indonesia pada masa itu juga turut berperan dengan menayangkan anime. Dimulai dengan ditayangkannya anime Kum-Kum (Wanpaku Omukasi Kum-kun), sejak saat itu secara perlahan tapi pasti animo masyarakat terhadap anime mulai tumbuh.

Tahun-tahun selanjutnya perjalanan hidup anime mengalami pasang surut dan sempat vakum seiring dengan berakhirnya era mesin video Beta pada akhir tahun 1980-an. Hal ini juga dikarenakan stasiun televisi lebih banyak memberikan jam tayangnya untuk animasi buatan Amerika atau Eropa yang dianggap lebih mudah memperoleh popularitas. Trend anime kemudian mulai memudar dan sedikit demi sedikit ditinggalkan dan masyarakat beralih ke sesuatu yang lebih populer pada saat itu. Tetapi bagi para penggemar anime sesungguhnya yang tidak hanya sekedar mengikuti trend, masih tetap eksis walaupun hanya sebagai kelompok minoritas diantara dominasi film Amerika terutama produksi Disney.

Keberadaan serial TV Oshin di TVRI tahun 1989.


Kum-Kum, anime yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Minky Momo Ending (Tayang Ulang Space Toon)

Tahun 1990-1999

Anime mulai kembali eksis di Indonesia pada awal tahun 1990-an, yaitu seiring dengan bermunculan stasiun-stasiun televisi baru seperti RCTI disusul kemudian oleh SCTV dan Indosiar. Stasiun-stasiun TV tersebut mulai gencar menayangkan sejumlah judul anime yang kemudian menjadi hits atau populer terutama oleh target pemirsa anak-anak, diantaranya seperti Doraemon, Saint Seiya, Sailor Moon, Magic Girls, Magic Knight Rayearth, Born to Cook, Dragon Ball, Shulato dan masih banyak judul lainnya yang pernah ditayangkan oleh stasiun televisi sehingga secara tidak langsung mendukung perkembangan anime di Indonesia.

Anime Doraemon mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia sejak tahun 1991 yang ditayangkan oleh RCTI. Kisah serial Doraemon yang menampilkan kehidupan sehari-hari dari karakter Doraemon, Nobita, dan kawan-kawannya ini menjadi sangat populer dikalangan anak-anak bahkan orang dewasa. Hal ini karena meskipun dengan cerita yang sederhana karena memang ditujukan untuk target pemirsa anak-anak, namun ditampilkan secara menarik sehingga serial ini sampai sekarang mampu bertahan hingga selama lebih dari 20 tahun sejak pertama kali penayangannya.

Meskipun belum dapat mengalahkan dominasi film-film animasi Amerika namun dapat dikatakan dengan ditayangkannya anime-anime tersebut merupakan suatu pernyataan bahwa anime masih dapat berkembang dan diterima oleh masyarakat. Hal ini tentu saja mendapat respon positif serta merupakan sesuatu yang menggembirakan bagi para otaku di Indonesia.

Kemudian karena terjadinya krisis ekonomi di Indonesia, anime pun berada dalam kondisi kritis. Hal ini dapat dilihat dari jumlah jam tayang anime di televisi yang mulai menunjukkan penurunan, dimana juga sempat memunculkan kekhawatiran dari para otaku bahwa sekali lagi perjalanan hidup anime berakhir sampai disitu saja.

Hingga akhirnya pada akhir tahun 1990-an anime mulai kembali booming dan menjadi trend karena adanya ‘demam’ Pokemon (Pocket Monster) yang melanda Indonesia. Siapa yang tidak ingat dengan Pokemon? Pokemon adalah salah satu nama dagang paling kontroversial di dunia ini. Mulai dari jasanya dalam mempopulerkan Game Boy, sistem game handheld terlaris di dunia, hingga mendapatkan penghargaan lewat tokoh Pikachu yang dinobatkan sebagai salah satu figur paling berpengaruh di dunia. Disusul kemudian kesuksesan versi manga, serial anime, dan anime movie yang bahkan meraih sukses besar di Amerika.

Trend anime ini juga didukung dengan munculnya distributor resmi yang berusaha memenuhi kebutuhan otaku akan masuknya lebih banyak anime di Indonesia. Sejak tahun 1999, P.T. Ardya Insani Internasional yang dikenal dengan Tora Home Entertainment selaku pemegang lisensi di Indonesia, bekerja sama dengan pihak Animation International Ltd (AI) yang merupakan distributor anime dari studio-studio ternama di Jepang. Dengan adanya kerjasama tersebut, pihak Tora berhasil mendapatkan ijin resmi untuk mendistribusikan sejumlah anime-anime populer seperti Neon Genesis Evangelion (Shin Seiki Evangelion), Curious Play (Fushigi Yuugi), Flame of Recca (Recca no Honou), Clamp School, Macross, dan lain sebagainya yang beredar dalam bentuk VCD.



Berikut ini adalah video yang mungkin membangkitkan kenangan Anda

Born to Cook Opening



Dragon Ball Opening

 Time Quest Opening


Patlabor Opening
 
Pada periode ini pastilah Anda mengenal semua anime yang akan dibahas disini, periode ini adalah puncak kesuksesan anime di Indonesia dengan hadirnya TV7 sebagai stasiun TV yang paling banyak menyiarkan anime-anime pada masa itu. Artikel bagian akhir ini lumayan agak panjang, silakan menikmati.

Tahun 2000-2003



Anime mulai kembali meraih kesuksesan besar setelah stasiun televisi SCTV membuat gebrakan baru dengan program Animax-nya menayangkan anime Rurouni Kenshin yang diubah dengan judul Samurai X. Kisah seorang samurai pengembara ini menjadi demikian populer sehingga anime mengalami ‘kebangkitan’ kembali yang masih berlangsung hingga beberapa tahun kemudian. Serial anime Pokemon misalnya, ditayangkan pada jam tayang utama di SCTV dan termasuk yang pertama di Indonesia untuk tayangan film animasi. Hal ini merupakan suatu bukti nyata terhadap pengakuan keberadaan anime di Indonesia, karena melalui tayangan-tayangan tersebut sekali lagi masyarakat diperkenalkan bahwa sesungguhnya anime bukanlah sekedar hiburan untuk anak-anak saja. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan pemirsa yang lebih dewasa juga semakin menyukai film-film animasi buatan negeri Sakura tersebut.

Selain itu tayangan anime juga tampak mulai mendominasi tayangan film-film animasi di sejumlah stasiun televisi. Dunia anime di Indonesia memasuki babak baru dalam perkembangannya yang dianggap signifikan. Hampir setiap hari ditayangkan serial anime-anime populer, beberapa diantaranya seperti Samurai X, Sakura Wars, Dual!, Popolocrois, dan Pokemon oleh SCTV; Card Captor Sakura dan Fushigi Yuugi oleh TPI; Crayon Shinchan oleh RCTI; Meitantei Conan dan Inuyasha oleh Indosiar. Genre anime yang ditayangkan juga lebih beragam jika dibandngkan dengan anime-anime yang masuk pada periode 1980. Menyusul kesuksesan Pokemon, mulai gencar ditayangkan anime-anime dimana memiliki tema karakter yang serupa yaitu seperti Digimon Series maupun Monster Farm.




Selain televisi, anime mulai mencoba merambah bioskop, yaitu dengan menayangkan Doraemon the Movie. Anime movie dengan judul Daichohen Doraemon, Nobita no Taiyou o Densetsu atau yang diterjemahkan sebagai Doraemon Petualangan, Legenda Raja Matahari ini ditayangkan mulai tanggal 29 Juni 2001.

Film Doraemon ini merupakan anime versi layar lebar atau anime movie pertama di Indonesia. Anime ini mengisahkan petualangan Doraemon bersama Nobita dan kawan-kawannya di Negeri Mayana, Negeri ini terinspirasi oleh Maya, sebuah kerajaan kuno di Amerika Tengah yang lenyap secara misterius sebelum kedatangan para penakluk Spanyol. Di sana Doraemon dan kawan-kawan membantu Pangeran Tio dalam menghadapi Redina, seorang penyihir jahat.

Menariknya, versi manga dari anime ini sudah ditebitkan oleh P.T Elex Media Komputindo dengan judul yang sama, sebagai seri ke-20 Doraemon Petualangan. Penayangan anime dan penerbitan manga yang nyaris bersamaan ini sepertinya bukan kebetulan. Apalai anime ini mengalami sulih suara yang dikerjakan oleh tim dari serial Doraemon di RCTI. Semua ini tampaknya dibuat untuk memperingati 30 tahun kisah Doraemon dan 10 tahun keberadaan Doraemon di Indonesia. Meskipun tidak mengalami sukses yang luar biasa namun dengan penayangan Doraemon tersebut boleh dibilang sebagai langkah awal. Setelah ini, para penggemar anime boleh optimis terhadap keberadaan anime di bioskop Indonesia. Dan sudah waktunya layar bioskop menayangkan anime untuk target pemirsa usia remaja ke atas. Judul-judul anime legendari seperti Akira, Ghost in The Shell, Grave of Firefiles, dan Macross Plus sudah sangat dinantikan. Terlebih lagi setelah kemenangan Sen to Chihiro no Kamikakushi yang mendapatkan Academy Award sebagai film animasi terbaik pada bulan Maret 2003 yang lalu.

Selanjutnya hampir di sebagian besar stasiun televisi menayangkan anime. Bahkan beberapa diantaranya mempunyai program khusus untuk tayangan anime, seperti yang dilakukan oleh stasiun televisi baru pada jaman itu, TV7, sebagai salah satu anak perusahaan Gramedia, menayangkan program khusus anime setiap hari Senin hingga Jumat pada sore hari. Lalu, anime tidak hanya dapat dinikmati pada setiap hari Minggu pagi saja seperti yang terjadi sebelumnya, bahkan dapat dijumpai tayangan anime yang diputar setiap harinya selama seminggu. Jumlah tayang anime yang diputar di televisi sampai sudah tidak terhitung lagi karena begitu besar antusiasme pihak stasiun televisi untuk saling berlomba-lomba memanfaatkan momen trend anime ini. Seperti terobosan yang dilakukan Trans TV dalam menayangkan anime Movie dengan tema yang cukup ‘berat’ pada jam tayang utama (Prime Time), yaitu Blue Submarine No. 6 (Ao no Roku Go) dan Jin Roh: the Wolf Brigade.

Stasiun TV7



Pada periode ini, kepopuleran anime sudah begitu sangat luar biasa sampai kepada kondisi yang sulit dibayangkan sebelumnya. Semenak akhir tahun 1990-an yang berlanjut hingga tahun 2000-an, jalur peredaran anime di Indonesia lebih banyak melalui rental maupun toko anime dalam format VCD/DVD. Hal ini semakin bertumbuh seiring dengan menjamurnya komunitas anime di Indonesia. Sehingga dengan demikian para otaku di Indonesia dapat terus mengikuti perkembangan anime terbaru yang sedang diputar atau digemari di Jepang. Kini jauh lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan berbagai macam judul anime, bahkan para otaku dapat menikmati tontonannya hanya dalam jangka waktu beberapa hari setelah penayangannya di Jepang. Diantaranya seperti Wolf’s Rain, Saint Seiya: Hades Chapter, Ghost in The Shell: Stand Alone Complex, Junni Kokki, dan lainnya yang ditayangkan oleh televisi-televisi Jepang.



Tidak dapat disangkal bahwa anime mempunyai kaitan yang erat dengan trend. Berkat adanya trend anime, secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap eksistensi dan perkembangan anime di Indonesia. Untuk masyarakat umumnya lebih banyak mengikuti apa saja yang sedang menjadi trend terbaru.

Seperti yang tampak ketika fenomena Pokemon melanda Indonesia, yaitu dimana banyak orang begitu menjadi tergila-gila pada egala hal yang ‘berbau’ Pokemon terutama pada sosok karakter Pikachu yang lucu. Animenya yang terlebih dahulu terkenal ketika beredar daam format VCD tersebut kemudian menjadi salah satu judul yang paling populer di Indonesia.

Terutama setelah anime Movienya berjudul Myuutsu ni Gyakushuu (Pokemon The First Movie)

ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia, booming Pokemon ini menjadi suatu trend yang fenomenal pada tahun 2000 yang lalu. Melihat kesuksesan Pokemon tersebut maka SCTV melihat peuang bagus untuk menayangkan anime pada jam tayang utama yang mendapat respon posistif dari masyarakat. Kenyataan bahwa anime dianggap sebagai suatu trend baru yang melanda Indonesia ini juga dapat dilihat seperti munculnya ‘demam’ Shinchan yang menghebohkan pada beberapa waktu yang lalu dimana sempat menjadi perdebatan paling kontroversial.

Sedangkan untuk kalangan otaku, pada dasarnya tidak terpengaruh atau hanya sekedar mengikuti pada apa yang menjadi trend atau fenomena di masyarakat. Perkembangan trend anime di kalangan otaku Indonesia lbih mengacu atau terpengaruh oleh trend anime yang sedang berlangsung di Jepang. Dengan kata lain, anime yang sedang digemari atau populer di Jepang umumnya juga populer di kalangan otakuy Terlebih lagi setelah para otaku di Indonesia kini dapat dengan mudah mendapatkan anime-anime terbaru yang sedang ditayangkan di Jepang hanya selang beberapa hari saja melalui peredaran anime fansub.

Pada tahun 1980-an, trend anime untuk pertama kalinya mulai melanda Indonesia dimana disebabkan karena pengaruh dari maraknya trend anime yang terjadi di Amerika. Anime-anime dengan genre mecha seperti Voltus V, Goshogun, atau GodSigma menjadi populer pada masa tersebut. Namun maraknya anime yang populer seiring dengan era mesin video Beta tersebut kemudian mulai semakin memudar. Pada awal tahun 1990-an, anime kembali menjadi sebuah trend ketika bermunculan stasiun-stasiun televisi baru dan mulai menyiarkan anime di layar kaca, diantaranya seperti Doraemon, Sailor Moon, dan Saint Seiya. Anime-anime itu mencapai sukses besar dan menjadi totonan yang sangat dinantikan oleh target permirsa anak-anak pada masa tersebut. Menjelang pertengahan tahun 1990-an, trend anime mulai kembali pudar dan hanya bertahan pada kalangan pengemar dan otaku saja.

ANime kemudian sekali lagi mulai terekspose setelah maraknya peredaran VCD anime bootleg, pada akhir tahun 1990-an. Fenomena ini didukung oleh banyaknya publikasi amajalah yang bermunculan dengan menawarkan anime-manga sebagai tema utama. Majalah-majalah tersebut seperti Animonster, AnimeInfo, Anime, Oops, Animix dan masih banyak lainnya ini memanfaatkan momen trend anime tersebut dimana sekaligus ingin turut membantu perkembangan anime di Indonesia. Dan sejak saat itu, booming anime mulai smakin terasa dan masih berlangsung hingga saat ini. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya komunitas-komunitas anime yang kini semakin berani menyerukan kecintaan mereka terhadap anime.

Momen trend anime yang sedang terjadi di Indonesia ini, juga didukung oleh sejumlah stasiun televisi dengan menayangkan lebih banyak anime. Bahkan pada sejumlah stasiun televisi mempunyai program khusus anime. Trans TV sebagai stasiun televisi baru di Indonesia pada amsa itu, melihat trend anime yang sedang berkembang di Indonesia, yaitu dengan menayangkan anime-anime populer seperti Ninku, Trigun, atau Flame of Recca. Yang patut digarisbawahi adalah penayangan anime Movie denga tema’berat’ seperti Blue Submarine No. 6 dan Jin-roh: the Wolf Brigade serta rencana penayangan anime yang dapat dikategorikan sebagai anime kontroversial seperti Love Hina dan Neon Genesis Evangelion.




Berkat adanya trend ini tentunya merupakan hal yang menggembirakan bagi sebagian kalangan otaku di Indonesia. Karena hampir tiap harinya dapat dijumpai sejumlah tayangan anime. Judul-judul anime tertentu yang tidak terduga kemunculannya justru dijumpai tampil di layar televisi.

Penutup

Apa yang telah terjadi di masa lampau dengan boomingnya anime di Indonesia, semoga dapat menjadi tonggak sejak sejarah bagi kita yang hidup di periode yang sekarang ini. Semoga kesuksesan di masa lampau bisa kembali terulang dimasa depan sehingga kita dapat disuguhi oleh anime-anime yang menarik melaui stasiun televisi kita. Walaupun sekarang jamannya sinetron dan anime sudah sangat memudar (karena trend sinetron yang berkembang di masyarakat) tapi setidaknya ada pengharapan bagi kita yang ingin melihat kembali kesuksesan anime di Indonesia.


hikarisubs.indoanime.net/
film21animasi.blogspot.com
  MUNGKIN ANDA SUKAPROSES PEMBUATAN ANIME

Komentar

  1. kapan ya anime bisa lebih banyak lagi di tv indonesia sekarang nih penyensoran sudah semakin ketat,kalo terlalu banyak adegan seks dan kekerasan malah langsung dicekal atau dihilangkan begitu saja

    BalasHapus
  2. Thanks gan,ane jadi tahu lebih banyak tentang anime

    BalasHapus
  3. Hmmmmm Rindu Sama anime2 yang pernah tayang di Tv indonesia dulu...... :(

    BalasHapus
  4. kangen Dragon ball, crayon shincan, detective conan yang dulu mulai dari pagi ampe ke siangnya. walau berkesan jadul tp saya masih saja streaming connan. hahaha

    BalasHapus
  5. jangan lupakan globaltv yang senin-jumat sore hari suka nayangin kartun

    BalasHapus
  6. Pretear, FUll Metal Panic, Slayer, DN Angel

    BalasHapus
  7. Bang gan izin mau post artikelnya di grup komunitas yang ane punya. Bakal ane cantumin sumbernya. Nuhun ya bang gan

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak tentang informasi sangat berharga ini bagi mereka yang hanya bisa info ini hanya bualan saja tetapi bagi otaku sejati informasi ini sangat membantu dan bisa menjadi prinsip se orang otaku saya sangat bertrimakasih

    BalasHapus
  9. mantap www.superadit.com
    www.opinigroup.co

    BalasHapus
  10. thanks bro gua dapet inspirasi buat blog thanks arigatou

    BalasHapus
  11. thanks infonya gan, sangat membantu

    BalasHapus
  12. saya ucapkan terima kasih. artikel ini sangatlah membantu sekali untuk tugas saya. kalau boleh saya ijin mengambil point-point inti dari artikel anda untuk saya jadikan artikel baru untuk tugas kuliah saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. AYO TUNGGU APALAGI, Mencoba keberuntungan di "hokibandarQ". Dengan deposit minimal Rp. 25.000 bisa jadi jutaan loh.
    Ayo buruan klik jangan ragu jangan malu buat jadi kaya gak perlu ragu.
    Ditunggu kedatangan nya bos ku Terima kasih Salam HokibandarQ

    HokibandarQ
    BandarQ
    Bandar66
    DominoQQ
    Capsa Susun

    BalasHapus
  14. Wowww....Dengan artikel ini saya lebih banyak tau tentang anime.Emangnya yang buat artikel nggak capek apa bang,soalnya panjang sekali.Tetepi saya apresisi ini artikel sangat membantu
    ........

    BalasHapus
  15. Situs Bandarq Terbaik dan Terbesar di Indonesia!!
    Dapatkan Bonus Turnover Sebesar 0.5%
    Dan Bonus Referral 20%
    Minimal Deposit Hanya 25.000

    PKV Games
    QQ Online
    Bandar QQ
    99 Online
    Poker Online

    BalasHapus
  16. The knowledge of technology you have been sharing thorough this post is very much helpful to develop new idea.
    here by i also want to share this.
    oracle scm training

    oracle scm training classes

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. thanks for the information, I appreciate it..
    jehahahahaaa....

    BalasHapus
  19. It is completely a toll-free QuickBooks Support Phone Number variety that you won’t pay any call charges. Needless to say, QuickBooks is one the large choice of awesome package within the company world.

    BalasHapus
  20. But, I will be at your side. If you hire our service, you will be receiving the very best solution. We are going to assure you as a result of the error-free service. QuickBooks support is internationally recognized. You must arrive at used to understand this help.
    VISIT : https://www.customersupportnumber247.com/

    BalasHapus
  21. QuickBooks Payroll has emerged one of the better accounting software that has had changed this is of payroll. Quickbooks Support Phone Number will be the team that provide you Quickbooks Payroll Support. This software of QuickBooks comes with various versions and sub versions. Online Payroll and Payroll for Desktop may be the two major versions and they're further bifurcated into sub versions. Enhanced Payroll and Full-service payroll are encompassed in Online Payroll whereas Basic, Enhanced and Assisted Payroll come under Payroll for Desktop.

    BalasHapus
  22. Will not think twice to give us a call at QuickBooks Customer Support Number Since level of issues are enormous on occasion, they might seem very basic to you personally and also as an effect might make you are taking backseat and you'll not ask for virtually any help.

    BalasHapus
  23. all at one place. Are QuickBooks Enterprise Support Number errors troubling you? Are you completely fed up with freezing of QuickBooks? If yes, afterward you have browsed off to the right place. QuickBooks Enterprise Support telephone number is successfully delivering the entire world class technical assistance for QuickBooks Enterprise at comfort of your house.

    BalasHapus
  24. Reach us at QuickBooks Support Phone Number at and experience our efficient technical support of most your software related issues. If you're aa QuickBooks enterprise user, you can easily reach us out immediately at our QuickBooks Enterprise Support Phone Number.

    BalasHapus
  25. Do you think you're confident about it? If not, this might be basically the right time to get the QuickBooks Support Phone Number . We have trained staff to soft your issue. Sometimes errors could also happen because of some small mistakes.

    BalasHapus
  26. No matter whether you're getting performance errors or perhaps you are facing any type of trouble to upgrade your software to its latest version, you are able to quickly get advice about No matter whether you're getting performance errors or perhaps you are facing any type of trouble to upgrade your software to its latest version, you are able to quickly get advice about QuickBooks 2018 support telephone number. Each time you dial QuickBooks 2018 support telephone number, your queries get instantly solved. Moreover, you can get in touch with our professional technicians via our email and chat support options for prompt resolution on most related issues.. Each time you dial QuickBooks 2018 support telephone number, your queries get instantly solved. Moreover, you can get in touch with our professional technicians via our email and chat support options for prompt resolution on most related issues.

    BalasHapus
  27. Where can you turn if you have to cope with the company’s transaction? It should be flawless. Will you be confident about any of it? If you don't, this could be simply the right time so you can get the QuickBooks Support Phone Number.

    BalasHapus
  28. A small grouping of execs can handle you manually as a result of they’re absolute to offer the standard QuickBooks Support Phone Number. So, in the event that you face any issue along with your package you don’t need to go anywhere except us. You just need certainly to build a straightforward charge less call on our QuickBooks Support variety and rest leave on united states country. No doubt, here you'll find the unmatchable services by our supportive technical workers.

    BalasHapus
  29. Most of the time when folks are protesting about incorrect calculation and defaults paychecks results. Similarly fixing QuickBooks Payroll Support Numberr structure of account can typically be a confusing attempt to do and difficult to handle lots of for a frequent user.

    BalasHapus
  30. All of the changes are manufactured during the year end, as state & federal agencies make plenty of changes for the next year. Someone who has subscribed to QuickBooks Payroll Support Phone Number from QuickBooks can download updates on the internet.

    BalasHapus
  31. QuickBooks Enterprise Support Phone Number telephone number is successfully delivering the whole world class technical assistance for QuickBooks Enterprise at comfort of your house.

    BalasHapus
  32. QuickBooks Pro is some sort of class accounting software which includes benefited its customers with different accounting services. It offers brought ease to you personally by enabling some extra ordinary features and also at Quickbooks Support Number it really is easy to seek optimal solutions if any error hinders your work.

    BalasHapus
  33. Problems are inevitable and they also usually do not come with a bang. Our team at QuickBooks Enterprise Support Phone Number is ready beforehand to provide you customer-friendly assistance in the event that you talk with a concern using QuickBooks Pro. Many of us is skilled, talented, knowledgeable and spontaneous. Without taking most of your time, our team gets you rid of most unavoidable errors for this software.

    BalasHapus
  34. You have to have the ability to split up your organization from various edges. It’s extraordinary for organizations which report using one basis & record assesses yet another.Search to the chart of accounts really is easy to manage with added search bar right in the chart of accounts. For better information, you could call at QuickBooks Enterprise Support
    .

    BalasHapus
  35. Also to offer these types of services on a round-the-clock basis to everyone QB Enterprise users, we have QuickBooks Enterprise Tech Support Number toll-free in place, to offer all QB Enterprise users excellent support for most their glitches and address all their issues in a jiffy.

    BalasHapus
  36. Our support services are not restricted towards the above list. A lot of folks are successfully availing the outstanding popular features of our technical support desk for QuickBooks. With a massive customer base, we now have achieved the 100% satisfaction rate from customers across the world. You too can avail our support services on just a call. Don’t hesitate to contact us at QuickBooks Support Number in the event you encounter almost any technical bug in QuickBooks.

    BalasHapus
  37. The QB Enterprise data files are incredibly attentive to unexpected disconnections as well as other interruptions. In result they get corrupted easily and hamper your workflow easily. It is possible to totally avoid this hindrance simply by making a wise choice. Simply pick your phone and dial Choose QuickBooks Enterprise Support Phone Number to obtain associated with technical experts easily for virtually any sort of technical assistance in QB Enterprise.

    BalasHapus
  38. It must be flawless. Do you think you're confident about any of it? If not, this might be basically the right time so you can get the QuickBooks Support. We have trained staff to soft your issue.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Everbody knows there are always two sides to a coin and QuickBooks Support Phone Number + 1888-567-1159 isn't any different. This software also throws some errors in the long run.

    BalasHapus
  41. QuickBooks has made payroll management quite definitely easier for accounting professionals. There are so many individuals QuickBooks Payroll Support Number positive feedback when they process payroll

    BalasHapus
  42. You'll have to refer to QuickBooks Support team service to understand ways to get the most out of this software. Also, you might encounter various technical problems whilst utilizing this software. This is where Quickbooks Support makes it possible to.

    BalasHapus
  43. This becomes one of several primary reasons for poor cashflow management in lot of businesses. It's going to be the time for QuicksBooks Support Phone Number The traders can’t earn money. But, we have been here to support a forecast.

    BalasHapus
  44. In the event, the QuickBooks Error Code 6000-301 Error still persists then immediately relate genuinely to the QuickBooks support team. They assure to rectify the explanation for the error and deliver the right answer to resolve the issue along to required guidance. The certified QuickBooks specialist has many years of experience in tacking with such problematic error and are designed for 24×7.

    BalasHapus
  45. A small grouping of Intiuit QuickBooks Support dedicated professionals is invariably accessible in your case so as to arranged all of your problems in an endeavor that you’ll be able to perform your projects while not hampering the productivity.

    BalasHapus
  46. Intuit QuickBooks Support are terribly dedicated and might solve your entire issues without the fuss. In the event that you call, you are greeted by our client service representative when taking all of your concern he/she will transfer your preference into the involved department. The best part is the fact that not just you’ll prepare you to ultimately resolve your problems nevertheless you are often acquiesced by our technicians and he/she could well keep updating you concerning your problems. it's likely you have a whole information what the problem your package is facing.

    BalasHapus
  47. Different styles of queries or QuickBooks related issue, then you're way in the right direction. You simply give single ring at our toll-free intuit QuickBooks Payroll Support Number .

    BalasHapus
  48. In conclusion, don’t hesitate to call us on our QuickBooks Online Help Number. We have been surely here for you personally. To conclude, any error, any difficulty, any bug or anything else associated with QuickBooks related problem, just call our QuickBooks Support Number. Surely, call our QuickBooks Support telephone number

    BalasHapus
  49. A QuickBooks Payroll Tech Support Number is a type of subscription this is certainly done to activate the payroll features in your QuickBooks Desktop Software. Intuit Online Payroll exports transactions to QuickBooks Desktop along with Quickbooks Online as standalone software.

    BalasHapus
  50. If the user has any uncertainties on how to connect HP printer to the laptop (with USB, wireless, through Wi-Fi, without CD) then they can follow the HP Printer Tech Support Number prompt instructions while they installation process given on the manual.

    BalasHapus

  51. QuickBooks Payroll Tech Support Number Toll-Free offers an extensive financial solution, where it keeps your entire business accounting requirements in one single place. From estimates to bank transfers, invoicing to tracking your expenses and staying on top of bookkeeping with regards to tax time, it really is prepared for many from it at one go.

    BalasHapus
  52. QuickBooks Payroll Customer Service Number helps one to resolve all your valuable technical and functional problems whilst looking after this well known extensive, premium and end-to-end business accounting and payroll management software. Our experts team at QuickBooks Payroll Technical Support is going to make you understand its advanced functions and assists someone to lift up your business growth.

    BalasHapus
  53. mohon maaf kepada pemilik tulisan ini, beberapa dari artikel ini sangat berguna untuk penelitian saya. tapi saya sangat menyayangkan kurangnya sumber terpercaya dalam tulisan di atas. saya menemukan sebuah tulisan di sebuah jurnal yang mengatakan bahwa sebelum 1930 bahkan anime belum ada yg bersuara. ini mungkin bukan sanggahan yg kuat mengingat ternyata ada kesimpang siuran tahun pastinya, karena di tahun 1927 ada anime yg sudah ada suaranya. jadi saya berkesimpulan tidak benar kalau pada awalnya, 1910-1917 anime jepang sudah bersuara. ini diperkuat dg anime yg keluar di tahun kisaran tadi, samurai "namakura gatama" yg masih bisu.
    sudilah kiranya untuk mencantumkan sumber yg jelas dr tulisan di atas
    trims

    BalasHapus
  54. If you should be a small business owner, you should be conscious of the fact that Payroll calculation does demands lot of time and man force. Then came into existence QuickBooks Customer Tech Support Number and Quickbooks Payroll customer care Phone Number team.

    BalasHapus
  55. Moreover, QuickBooks Payroll Technical Support Number taxes are calculated, reductions are designed also it's confirmed that the info put up with Tax department is really what employees have forwarded. Obviously, your whole process is very complex because it involves intricate calculations.

    BalasHapus
  56. Yes, with the peerless assistance for QuickBooks Enterprise Support Phone Number software, all of us is able to do performing full tidy up, inventory management, report management to satisfy your needs.

    BalasHapus
  57. Analyze your payroll need and purpose, and purchase a suitable QuickBooks Payroll Support Phone Number means to fix streamline your business operations. Whichever solution you decide to buy, the one thing is for certain that it will create your payday easy and accurate.

    BalasHapus
  58. Our QuickBooks Support Tech Phone Number are terribly dedicated and might solve your entire issues without the fuss. In the event that you call, you are greeted by our client service representative when taking all of your concern he/she will transfer your preference into the involved department. The best part is the fact that not just you’ll prepare you to ultimately resolve your problems nevertheless you are often acquiesced by our technicians and he/she could well keep updating you concerning your problems. it's likely you have a whole information what the problem your package is facing.

    BalasHapus
  59. Using the support from QuickBooks Enterprise Support Phone Number team, you could get best answers when it comes to problems in QuickBooks Enterprise. The various errors that you could come across can erupt whilst you attempt to:

    BalasHapus
  60. Search towards the chart of accounts really is easy to manage with added search bar right when you look at the chart of accounts. For better information, you might call at QuickBooks Enterprise Support.
    You can find account, sub-account & search predicated on account name & number.

    BalasHapus
  61. QuickBooks made it easy for us to organize and manage all our any type of transactions and analyze profits. And if you are facing issues in the functioning of QuickBooks then easily get instant support from our QuickBooks Tech Support Phone Number and highly qualified expert team. Get-in-touch with our QuickBooks customer support Phone Number team by dialing our toll-free number. Once you get in touch with us, our best support technician shall guide you in the Setup process in step-by-step.

    BalasHapus
  62. What’s more important is to get the right help at the right time? Your time is valuable. You must invest it in an important business decision and planning. You can even contact our QuickBooks customer support team using QuickBooks Support Phone Number. Anytime and anywhere you can solve your worries from our experts and Proadvisors via QuickBooks technical support number.

    BalasHapus
  63. QuickBooks Enterprise errors troubling you? Are you completely fed up with freezing of QuickBooks? If yes, afterward you have browsed off to the right place. QuickBooks Enterprise Support telephone number is successfully delivering the entire world class technical assistance for QuickBooks Enterprise Tech Support at comfort of your house. We understand your growing business need and that's exactly why we provide just the best. We be sure to give worth of each penny by giving the customer friendly tech support team services that include.

    BalasHapus
  64. The QuickBooks Desktop Tech Support Phone Number is toll-free in addition to professional technicians handling your support call can come up with an instantaneous solution that can permanently solve the glitches.

    BalasHapus
  65. Payroll is the range of the business’s employee additionally the amount of cash (salary, incentives, bonuses) is given, they need to be paid. It is primarily necessary for employers, employees, and accountants for business purposes. We have a listing of gratifying clients who are in the radar of small size companies and start-ups to massive multi-national companies, employed in manufacturing and contract sector of industries. We give equal focus on Non-profit organizations as well. QuickBooks Payroll Tech Support Number

    BalasHapus

  66. But, being a typical business person, focusing on professional accounting software, like QuickBooks, is not always easy. Thus, users may need to face an amount of issues and error messages when using the QuickBooks Support.

    BalasHapus
  67. This part makes QuickBooks is available to customers wherever all through the whole world. This is the best device to offer innovative and inventive features for business account the officials to little and medium-sized business affiliations. If you appear to experience any kind of specific issue, you may get them settled by attaining the QuickBooks Customer Service Number.

    BalasHapus
  68. QuickBooks Premier is a popular product from QuickBooks recognized for letting the business people easily monitor their business-related expenses; track inventory at their convenience, track the status of an invoice and optimize the data files without deleting the data.QuickBooks Support Phone Number can be obtained 24/7 to deliver much-needed integration related support. While integrating this kind of product with other Windows software like MS Word or Excel, certain errors might happen and interrupt the file from opening up.

    BalasHapus
  69. Every business wishes to obtain revenues on a regular basis. But, not all of you will be capable. Do you realize why? QuickBooks Support Phone Number really is as a result of not enough support service. You will end up not used to the company enterprise and also make a lot of errors. You yourself don’t understand how much errors you're going to be making.

    BalasHapus
  70. The QuickBooks Support Number is toll-free plus the professional technicians handling your support call can come up with a sudden solution that can permanently solve the glitches.

    BalasHapus
  71. Our QuickBooks Technical Support is obtainable for 24*7: Call @ QuickBooks Technical Support contact number any time.Take delight in with an array of outshined customer service services for QuickBooks via QuickBooks Customer Service Number at any time and from anywhere.It signifies that one can access our tech support for QuickBooks at any moment. Our backing team is dedicated enough to bestow you with end-to-end QuickBooks solutions when you desire to procure them for every single QuickBooks query.

    BalasHapus
  72. QuickBooks Error 9999 appears during program installation. Also, an error occurs while QuickBooks is running, during windows start up or shut down or even during the installation of the Windows operating system.

    BalasHapus
  73. Ijin copas bang buat tugas sekolah:v

    BalasHapus
  74. Sudah lama gak nonton anime di tv , sekarang sering nonton lewat hp

    BalasHapus
  75. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    sbobet online
    casino online
    tembak ikan
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  76. nice post!
    Worried About QuickBooks Support ?Get in touch with QuickBooks expert for instant solution.
    Dial QuickBooks Support Phone Number +1-888-603-9404
    Dial on QuickBooks toll-free Number for instant solution +1-888-603-9404

    BalasHapus
  77. nice post!
    Worried About QuickBooks Error ?Get in touch with QuickBooks expert for instant solution.
    Dial QuickBooks Payroll support Phone Number +1-888-603-9404

    BalasHapus
  78. jadi inget dulu jaman SD tiap sore selalu mantengin tv buat lihat Naruto, One Piece Samurai X walaupun iklannya segudang hehehe

    BalasHapus


  79. That is nice article from you , this is informative stuff . Hope more articles from you . I also want to share some information about Pet Dentistry in vizag

    BalasHapus
  80. You can utilize Quickbooks file doctor in the event that you getting any error while opening a particular record in Quickbooks or you have confronted any sort of information harm.

    BalasHapus
  81. No software is invulnerable to coding errors and same goes with quickbooks which also has quickbooks error 1722 which can be fixed by removing junk files.

    BalasHapus
  82. Quickbooks won't open is a troubleshooting when you run the quickbooks mac software. Reach out to solve this error.

    BalasHapus
  83. Quickbooks may face certain technical glitches and errors, which can be easily fixed by using Quickbooks file doctor tool. Quickbooks file doctor tool recognized the error area and got it fixed.This tool has been specifically designed by Intuit to avert some common errors related to data, problem files and installation etc. Although sometimes you might face some issues with Quickbooks file doctor tool as Quickbooks file doctor tool not install.

    CALL US QuickBooks Update Error Support Phone Number

    BalasHapus

Posting Komentar