Newest Post

// Posted by :Sabri Sangjaya // On :Selasa, 22 Januari 2013


 Kerja seharian di depan komputer memaksa sebagian besar karyawan duduk berjam-jam. Akibatnya, bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Duduk selama 8-10 jam sehari bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah lima masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan duduk berjam-jam, seperti dilansir Boldsky.

1. Diabetes
Duduk terlalu lama menyebabkan penurunan sensitivitas insulin, terutama pada wanita. Wanita yang duduk selama berjam-jam lebih berisiko terkena diabetes dibandingkan pria.

2. Nyeri leher
Duduk tegak selama berjam-jam juga dapat menyebabkan nyeri leher. Keluhan ini bisa disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

3. Kematian dini
Studi terbaru membuktikan bahwa semakin lama Anda duduk, semakin cepat Anda mati. Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat dan melemahkan kolesterol baik. Ini dapat memperbesar risiko penyakit kardiovaskular atau penyumbatan pembuluh darah di jantung.

4. Sakit punggung
Duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di bagian punggung. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kekuatan otot.


5. Mengganggu metabolisme
Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa duduk selama berjam-jam dapat menganggu sistem metabolisme tubuh. Alhasil, tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol baik, sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan.


CARA MEMINIMALISIR

 Usahakan mengubah posisi duduk anda dengan menyandarkan tubuh, meluruskan kaki, atau sesekali berdiri dan berjalan untuk mengambil sesuatu. Perbanyak minum air putih untuk menyegarkan tubuh anda yang telah lama letih bekerja. Coba taruh bantal di bawah pantat anda agar lebih empuk dan nyaman. Tidak ada salahnya bila anda berdiri sebentar dan berjalan-jalan di sekitar untuk merenggangkan otot-otot pantat anda yang terlalu lelah menahan berat badan anda.


sumber
jaringnews.com dan google

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © 2012 Pakdhe Girang //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //