Newest Post

// Posted by :Sabri Sangjaya // On :Rabu, 02 Januari 2013

PROFIL TOKOH: KELOMPOK BAJAK LAUT RAMBUT MERAH (ONE PIECE)


Nama Jepang= 赤髪海賊団
Nama Romaji= Akagami Kaizokudan
Nama Inggris= Red Hair Pirates
Kapal Utama= Red Force
Penampilan Pertama: Chapter 1; Episode 4
Kapten= Shanks

Kelompok Bajak Laut Rambut Merah adalah kru yang kuat yang berkuasa di Dunia Baru, yang dipimpin oleh Shanks si Rambut Merah, sang kapten sekaligus salah satu Yonkou. Dua kru kelompok ini bertanggung jawab untuk mempengaruhi dua anggota Kelompok Topi Jerami untuk menjadi bajak laut, yaitu Monkey D. Luffy dan Usopp.

Berikut ini adalah kru Bajak Laut Rambut Merah yang namanya sudah diketahui sampai saat ini=

1. Shanks

Shanks si Rambut Merah (赤髪のシャンクス Akagami no Shankusu?) adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga One Piece. Shanks adalah bajak laut besar yang terkenal dengan nama Si Rambut Merah dan sekarang menjadi salah satu dari 4 kaisar bajak laut, Yonkou.

Shanks adalah salah seorang bajak laut yang kuat dan melegenda di Grand Line; seorang kapten dari Kelompok Bajak Laut Rambut Merah dan salah seorang dari Yonkou di Grand Line. Dia adalah pahlawan bagi Monkey D. Luffy dan mantan kru Kelompok Bajak Laut Gold Roger, Sang Raja Bajak Laut. Secara umum, ia sangat dihormati oleh banyak tokoh cerita, meskipun ia ditampilkan sebagai seorang yang ‘lembut’ dan bersahabat dan tidak pernah muncul dalam adegan pertempuran sampai ia bertarung dengan Shirohige. Hanya sedikit kemunculannya dalam cerita ini.

Kemunculan terakhirnya adalah ketika dia mengakhiri Perang Marine Ford setelah sebelumnya menghentikan Akainu yang akan membunuh Coby.

Shanks selalu mengenakan sebuah mantel hitam di pundaknya dan mengenakan sebuah topi jerami sebelum akhirnya ia memberikan topi itu kepada Luffy. Ia selalu mengenakan celana panjang-tanggung dan menggunakan sendal sebagai alas kakinya. Hal yang paling mencolok dari diri Shanks adalah rambutnya yang merah, sehingga ia dipanggil ‘Shanks si Rambut-Merah’. Ia juga memiliki 3 bekas luka di sekitar mata kirinya, yang didapatkannya ketika ia bertarung dengan Kurohige di masa lalu. Ia kehilangan tangan kirinya ketika ia menolong Luffy dari monster laut. Shanks dan krunya sering diperlihatkan sedang berpesta-pora di cerita ini.

Dalam sebuah polling karakter terfavorit di Jepang, ia menempati tempat ke-10. Ia juga muncul dalam Jump Ultimate Stars meskipun hanya menjadi pemeran pembantu.

Shanks pertama kali muncul dalam One Piece Romance Dawn: Versi 1 di Shonen Jump Specials satu setengah tahun sebelum One Piece diterbitkan. Sedikit berbeda dengan versi original One Piece, di sana diceritakan bahwa tangan Shanks hilang dimakan hiu, bukan oleh monster laut.

Dalam One Piece Romance Dawn: Versi 2, diceritakan bahwa Luffy mendapatkan topi dan buah iblis dari kakeknya, bukan Shanks. Hal ini menurut Oda adalah karena ia ingin karakter Shanks tetap menjadi misteri sebelum serial One Piece diterbitkan.

Waktu Shanks masih muda, dia adalah salah satu awak kapal di kapal Gold Roger, sang raja bajak laut bersama anak buah lainnya, Buggy Badut. Shanks sering berkelahi dengan Buggy dan juga sering membicarakan masa depan dengannya. Pada suatu hari, Buggy mengambil Buah Iblis yang didapatkan oleh Bajak Laut Sang Raja Bajak Laut. Diputuskan, buah itu akan diberikan pada siapapun yang berani memakannya. Karena Buggy tahu kalau bila buah itu dijual harganya 100 Juta Berry, maka dia membuat sebuah buah iblis palsu yang bentuknya mirip, lalu memakannya. Sementara buah aslinya disimpan. Ketika Buggy sambil sembunyi-sembunyi melihat buah iblis yang disimpannya, Shanks mengagetkan Buggy sehingga Buah Iblis (yang tadinya akan dijual) di tangan Buggy disembunyikannya di mulut, dan ketika dikagetkan untuk kedua kalinya, buah iblis itu (Bara Bara) tertelan oleh Buggy, sejak saat itu Buggy jadi membenci Shanks. Shanks dan Buggy juga sering menghadapi kelompok bajak laut Shirohige, ketika masih menjadi anak buah Roger. 22 tahun yang lalu, pada hari Gold D. Roger dieksekusi, Shanks dan Buggy berpisah jalan karena Buggy tidak mau bergabung dengan kelompok Shanks. Akhirnya Shanks membentuk kelompok sendiri dan menjadi kelompok yang hebat.

Kini Shanks telah menjadi bajak laut yang hebat, dia (dikabarkan) pernah mengalahkan Juraquille Mihawk, salah seorang dari Shichibukai dan akhirnya menjadi kawan. Dia dinobatkan oleh pihak pemerintah sebagai salah seorang dari Yonkou karena kekuatannya. Sebelumnya dia juga (dikabarkan) pernah bertempur melawan Kurohige, Marshall D. Teach sehingga mata kirinya terluka dan meninggalkan bekas luka.

Di cerita akhir Perang Marine Ford, Shanks diceritakan menghentikan Perang Marine Ford karena Whitebeard dan Ace sudah mati. Sebelumnya, Shanks diceritakan tiba-tiba datang saat melindungi Coby dari serangan Akainu yang akan membunuhnya karena di mata Akainu, Coby dianggap sebagai Angkatan Laut yang lemah dengan berusaha menghentikan perang.

Hingga saat ini, belum diketahui gaya bertarung Shanks, tetapi dia diketahui memiliki senjata berupa pedang (cutlass). Dia sudah dikenal menjadi orang yang kuat karena telah menjadi Yonkou dan sudah pernah mengalahkan pendekar pedang nomor satu, Juraquille Mihawk. Shanks juga memiliki kemampuan yang disebut sebagai “Haki”, pada pertemuannya dengan Shirohige, hampir semua anak buah Shirohige pingsan ketika Shanks mengeluarkan kemampuan ini. Bukti lainnya juga ketika Luffy ditolong Shanks 10 tahun yang lalu, yaitu ketika berhadapan dengan monster laut, Shanks hanya menatap monster itu dengan marah dan monster itu pergi ketakutan (bisa dikatakan ini sebagai “Haki” yang pertama kali ditunjukkan dalam cerita One Piece. Sekarang Shanks hanya punya satu lengan, tetapi tetap memiliki kekuatan luar biasa.


2. Benn Beckman

Benn Beckman adalah wakil kapten dari kelompok Bajak Laut Rambut Merah.

Ketika pertama kali muncul di komik, rambutnya masih berwarna hitam dengan kuncir dan dia tidak pernah terlihat tidak merokok dan lepas dari senapannya. Ketika terlihat lagi di pulau bersama anggota bajak lautnya, rambutnya telah berubah warna menjadi abu-abu dan dipotong pendek, tambahannya, dia jadi punya luka di dekat pelipis kirinya.

Dia terlihat sebagai orang yang kurang suka bersenang-senang seperti kru yang lain dan lebih suka bersantai, gayanya seperti anggota yang punya level tinggi, mirip seperti Zoro.

Beberapa kali dia terlihat sedikit jengkel dengan tingkah sang kapten, seperti ketika Luffy disandera Higuma atau bahkan ketika minum lagi padahal baru saja minum ketika Mihawk membawakan berita tentang Luffy. Dia juga sering dengan kritis menanyakan tentang sebuah situasi, seperti ketika Shanks akan menemui Shirohige, dia mempertanyakan tentang sikap Pemerintah Dunia.

Benn Beckman memperlihatkan sebuah kekuatan dan kebijakan dalam sikapnya, dan bertindak sebagai pemberi saran bagi sang kapten. Menurut Eiichiro Oda, Benn Beckman mempunyai IQ tertinggi dalam One Piece. Hal lain yang diduga sangat mungkin dalam Benn Beckman adalah bahwa dia adalah orang yang kuat, mengingat dia adalah wakil kapten dalam kelompok Bajak Laut yang kaptennya adalah seorang Yonkou.

Pada cerita awal diperlihatkan bagaimana Benn menghajar anak buah hiruma tanpa menembakkan senjatanya. Dari sini terlihat kemampuannya sebagai seorang petarung, belum terlihat kemampuannya sebagai seorang penembak, mengingat dalam kelompoknya terdapat ayah Usopp, Yasopp si penembak jitu.


3. Lucky Roo

Lucky Roo adalah salah satu kru utama dalam kelompok Bajak Laut Rambut Merah

Orang ini sangat gemuk dan selalu terlihat sedang memegang atau menggigit sebongkah daging, dia juga terlihat selalu menggunakan google sepanjang waktu. Penampilan pertamanya adalah di Chapter 1. Kemudian dia diperlihatkan lagi ketika bersama kru yang lain di sebuah pulau saat Mihawk datang adalah yang mengalami paling sedikit perubahan. Dalam setiap keadaan, Lucky selalu terlihat tersenyum ceria, bahkan saat Shanks sedang bertarung melawan Shirohige.

Lucky terlihat sebagai seorang kru yang sangat suka bersenang-senang, dia sangat sering terlihat sedang bersenang-senang bersama Yasopp. Dia adalah orang pertama yang terlihat membunuh orang dalam One Piece (lihat buku 1).

Lucky juga seorang yang sangat suka minum. Di awal cerita dia terlihat sering menenggak minuman dari tong besar sendirian.

Lucky punya kemampuan untuk tiba-tiba muncul, seperti ketika dia tiba-tiba muncul untuk menembak anak buah Higuma yang menodong si Kapten, dan hal itu dilakukannya sambil makan.

Sampai chapter 561, ketika diperlihatkan bersama Kru utama Bajak Laut Rambut Merah, senjata yang digunakannya belum berubah, yaitu pistol lama jenis flintlock.

Ada kemungkinan bahwa nama orang ini terinspirasi dari nama Lucky Luke, seorang cowboy fiksi dari komik Perancis-Belgia dengan judul sama yang diciptakan oleh Morris de Bevere. Lucky Luke terkenal sebagai “Orang yang menembak lebih cepat daripada bayangannya sendiri”.


4. Yasopp

Yasopp adalah penembak jitu dan salah satu kru utama Bajak Laut Rambut Merah.

Penampilannya hampir mirip dengan Usopp, yang membedakan hanya hidung dan rambutnya (rambut Yasopp kuning). Pada masa awal, tubuhnya terlihat kurus, sementara ketika berada di pulau ketika Mihawk datang, dia terlihat lebih berotot. Namanya yang dulu tertulis di ikat kepalanya kini tak ada lagi, yang ada tulisan namanya di lengan kanan atasnya. Penampilannya ini mungkin dipengaruhi pengalaman pribadi dan perkembangan kemampuannya.

Anehnya, meskipun rambutnya kuning (warna untuk karakter ditentukan oleh pengarang, dalam hal ini Oda sendiri), dalam komik selalu digambar dengan warna hitam. Hal yang sama berlaku untuk Mr.4.

Banyak dari tingkah lakunya yang menurun pada Usopp, termasuk bagaimana dia menyemangati krunya dengan bersenang-senang. Dia sangat membanggakan anaknya, mengingat ketika Luffy berkata pada Usopp bahwa Yasopp sering membanggakan anaknya yang ditinggalkan. Ketika berada di desa Luffy, Yasopp cukup dekat dengan Luffy karena umurnya yang sepantaran dengan Usopp.

Yasopp digambarkan sebagai penembak jitu yang tak punya bandingan, dia dapat menembak satu antena semut dari jarak 100 kaki tanpa melukai antena yang lain.

Sebagai seorang sniper, dia membawa senjata kemanapun dia pergi. Pada awal cerita, Yasopp terlihat membawa pistol jenis flintlock, tapi di belakang, dia membawa tipe musket (senapan) yang mungkin dikarenakan kemampuannya yang meningkat.


5. Rockstar

Rockstar merupakan seorang bajak laut berharga buron 94.000.000 Berry yang menjadi anak buah Shanks di kapalnya.

Seperti kebanyakan anggota kru Shanks, sedikit yang diketahui tentang dirinya. Namun ia mengklaim telah menjadi bajak laut yang terkenal pada masanya.

Shanks mengirimnya untuk menyampaikan pesan kepada Shirohige. Ketika Shanks tiba di kapal Shirohige, ada adegan di manga dimana Lucky Roo, Benn Beckman dan Yasopp dengan Rockstar terlihat di latar belakang.

Di Perang Marineford, dapat diasumsikan bahwa ia ada di sana juga. Namun, dia tidak terlihat saat Bajak Laut Rambut Merah berkumpul dalam kelompok.


6. Monstar

Monstar adalah monyet kecil yang terlihat di Partys Bar saat Shanks dan Bajak Laut Rambut Merah berpesta di sana. Dia hanya muncul di manga. Namanya muncul di One Piece Blue Data Book halaman 30. Lihat monyet besar yang ada di pundak salah satu kru Shanks saat di Marineford? Mungkin itu Monstar!

7. Red Force



Red Force adalah kapal dari Bajak Laut Rambut Merah (Shanks) untuk menggantikan kapal yang lama. Kapal ini mirip dengan kapal lama yang terlihat di Fuschia Village. Perbedaan yang cukup mencolok adalah ukurannya yang lebih besar dan dekorasinya yang lebih banyak. Meskipun terlihat besar, tetapi kapal ini tetap terlihat kecil ketika bertemu dengan Moby Dick.



Rambut Merah Pirates
Shanksportrait.png Benn Beckman thumbnail.png Rouxportrait.png Yasopp saat thumbnail.PNG Rockstarportrait.png
Shanks Benn Beckman lucky rooYasopp Rockstar
Redhaired awak 1.jpgRedhaired awak 2.jpgRedhaired awak 3.jpgRedhaired awak 4.jpgRedhaired awak 5.jpg
?????? ?????? ?????? ?????? ??????
Sumber Berbagi sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © 2012 Pakdhe Girang //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //