Newest Post

// Posted by :Sabri Sangjaya // On :Rabu, 23 Januari 2013

Tahun 1973, Fukuoka mengalami kekeringan parah. Bertekad tak ingin mengulangi bencana itu, mereka membangun pusat penyulingan air laut menjadi air minum terbesar di Jepang, Uminonakamichi Nata.

Setiap hari tempat yang akrab disebut Mamizu Pia ini menghasilkan 250 ribu m3 air untuk memenuhi 40 persen kebutuhan air di Fukuoka dan sekitarnya yang berpopulasi sekitar 2,3 juta jiwa. Air yang dihasilkan dari tempat ini dapat langsung diminum.

Air laut diubah menjadi air siap minum dengan menghilangkan garam dan zat-zat lain dengan cara reverse osmosis. Berikut ini langkah-langkah pengolahan air dari laut sampai ke rumah pelanggan:

Pengolahan air di tempat ini menggunakan sistem reverse osmosis. Prinsipnya adalah memanfaatkan fenomena alam osmosis, yakni perpindahan air melalui membran yang hanya bisa dilewati air bersih, tapi garam tak dapat melewatinya, dibantu dengan meningkatkan tekanan.

Pengolahan air fukuoka

 

Beginilah maketnya. Di bawah laut terdapat pipa yang menyaring air asin untuk diolah menjadi air minum.

Pengolahan air fukuoka 

 

Ilustrasi bagaimana pipa itu ditanam 14 meter di bawah permukaan laut agar instalasinya tidak menganggu ekosistem laut dan pelayaran di sekitar laut Genkai. Air yang masuk ke pipa sudah tersaring dengan alami oleh pasir dan batuan laut.

Pengolahan air fukuoka 

 

Pusat kendali yang mengatur seluruh proses penyulingan air laut menjadi air tawar. Proses tersebut berlangsung selama 24 jam setiap harinya.

Pengolahan air fukuoka 

 

Pipa berpori yang menyaring air laut dari dasar laut.

Pengolahan air fukuoka 

 

Air yang masuk secara alami dari laut tanpa bantuan pompa, akan masuk ke penampungan raksasa di bawah tempat pengolahan.

Pengolahan air fukuoka 

 

Dari pusat kendali ini semua hal dapat diatur tanpa harus mendatangi alatnya.

Pengolahan air fukuoka 

 

Ini adalah membran penyaring yang sangat rapat.

Pengolahan air fukuoka

 

 

Alat ini adalah penyaring ultra dalam ukuran yang sebenarnya.

Pengolahan air fukuoka 

 

Pengunjung tempat ini akan ditemani seorang pemandu yang akan menjelaskan cara kerja penyaringan air.

Pengolahan air fukuoka


Rangkaian sistem penyaringan air dilihat dari balik kaca.

Pengolahan air fukuoka 

 

Pompa bertekanan tinggi yang penting dalam proses reverse osmosis.

Pengolahan air fukuoka 

 

Pemandangan dari dalam tempat pengolahan air. Di bawah tanah kosong itu terdapat jalur air dari laut menuju ke penampungan

Pengolahan air fukuoka 

 

Air layak minum dari pusat desalinasi ini kemudian didistribusikan oleh Biro Air Kota Fukuoka ke rumah-rumah penduduk. Ini adalah ruangan pusat kendali di Biro Pengelolaan Air Kota Fukuoka. Garis-garis biru yang terdapat di layar adalah peta sambungan air ke seluruh kota. Layar diawasi 24 jam non-stop untuk memastikan tersedia air yang cukup untuk semua orang.

Pengolahan air fukuoka 

 

Layar ini memberikan informasi lengkap mengenai penggunaan air di seluruh kota. Jika terdapat kerusakan atau kebocoran, petugas bisa mengetahui lokasinya dengan tepat.

Pengolahan air fukuoka 

  http://renunganharian-cahaya-bangsa.blogspot.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

// Copyright © 2012 Pakdhe Girang //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //