Newest Post

// Posted by :Sabri Sangjaya // On :Minggu, 03 Februari 2013

   Banyak orang beranggapan salah tentang rokok

1. Merokok itu keren

Anggapan ini adalah terjadi di kalangan para perokok pemula yang kebanyakan anak muda dan remaja yang menganggap bahwa merokok memperlihatkan kegagahan atau ke-jantanan. Sehingga kebanyakan anak muda yang merokok adalah pria karena ada pula anggapan yang salah dan seolah bernada ejekan bahwa yang tidak merokok tidak jantan atau tidak maskulin. Akibatnya anak-anak muda termasuk remaja yang bergaul bersama teman-temannya kemungkinan besar akan tertular dengan kebiasaan merokok tersebut. Maka banyak perda yang  melarang merokok di kawasan tertentu misalnya sekolah karena sebagai tempat mendidik anak-anak dan remaja, serta rumah sakit untuk mendidik  masyarakat bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan walau pun dalam pelaksanaan nya kawasan bebas rokok ini kurang efektif tapi itu lebih baik dari pada tidak ada pelarangan sama sekali.

2. Merokok mempererat pergaulan

Pola penularan kebiasaan merokok terjadi  dalam sebuah pergaulan atau interaksi mulai penularan dari keluarga misalnya orang tuanya perokok maka kemungkinan anak mereka perokok. Bergaul sehari-hari dengan perokok ada kemungkinan ikut terbawa karena misalnya, diajak,  dan ditawarka oleh teman-teman yang sesama perokok. Mula-mula yang  tadinya tidak merokok ikut mencoba-coba walau menghisap asap tidak menikmati  tapi akhirnya  setelah sistem peredaran darah menyesuaikan maka ia akan menikmatinya  pada akhirnya ia  akan ketagihan karena rokok mengandung zat adiktif.

3. Merokok susah berhenti

Setelah seseorang  menjadi perokok sebagian orang akan  sadar dan berusaha akan berhenti tetapi selalu gagal. Maka dalam hatinya selalu mengatakan bahwa merokok susah berhenti. Ini merupakan sugesti yang selalu terbawa dipikirannya bahwa merokok susah berhenti akhinya selamnya ia tidak akan berusah untuk berhenti.

4. Merokok melahirkan inspirasi.

Ada anggapana dengan merokok akan timbul inspirasi atau ide ide cemerlang apakah itu ide untuk bisnis mempertajam pemikiran untuk mencari peluang baru atau ide untuk melahirkan sebuah karya misalnya karya seni. Hal ini adalah suatu anggapan salah sebuah ide atau inspirasi tidak ada hubungannya dengan rokok.

5. Merokok menghilangkan stres.

Stres bahasa Indonesia menjadi tegang yaitu suatu tekanan terhadap mental seseorang. Stres adalah beban rohani  yang melebihi beban maksimum kemampuan rohani itu sendiri.  Hal ini terjadi pada seseorang yang sedang mengalami banyak persoalan atau masalah ada anggapan dengan merokok stres berkurang kenyataannya itu terjadi pada saat menikmati rokok saja maka bila hisapan rokok habis ya tetap saja persoalan tidak akan beres dengan merokok.
AKAN TETAPI

Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita, diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok
 bahaya rokok
bahaya rokok
Berikut ini adalah bahaya rokok terhadap kesehatan kita
Rokok dapat menyebabkan Kanker pundi kencing,
Kanker perut,
Kanker usus dan rahim ,
Kanker mulut ,
Kanker Esofagus,
Kanker tekak,
Kanker pankrias,
Kanker payudara,
Kanker paru-paru,
Penyakit saluran pernafasan kronik
Strok,
pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
Penyakit jantung,
Kemandulan,
Putus haid awal,
Melahirkan bayi yang cacat
Keguguran bayi,
Bronkitis,
Batuk,
Penyakit ulser peptik,
Emfisima,
Otot lemah,
Penyakit gusi,
Kerusakan mata
Yang tersebut diatas adalah bahaya rokok bagi perokok aktif, apa itu perokok aktif ? perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok.
bahaya rokok
struktur kandungan bahaya rokok
Di bawah ini merupakan bahaya asap rokok bagi perokok pasif.
Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung
Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
Sakit atau pedih mata
Bersin dan batuk-batuk
Sakit kerongkong
Sakit kepala
Zat Yang terkandung dalam asap rokok adalah :
2 kali lebih banyak nikotin
5 kali lebih banyak karbon monoksida
3 kali lebih banyak tar
50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan
Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya
Keguguran janin
Tumbesaran janin terencat – 30% lebih tinggi
Kematian janin dalam kandungan
Pendarahan dari uri (abruption placenta)
Berat badan berkurang – 20 hingga 30%
Bahaya asap rokok terhadap bayi
Masalah dan penyakit pernafasan
Mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan
Jangkitan telinga
Leukeamia
Kanker otak 22%
Cepat lelah
Sindrom kematian secara mendadak


Fakta Mengejutkan Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Berhenti Merokok


20 menit setelah Anda berhenti merokok. Pengaruh akibat Anda berhenti merokok akan segera diatur oleh tubuh Anda. Kurang dari   20 menit setelah rokok terakhir Anda, detak jantung Anda akan mulai menurun kembali ke tingkat normal.

2 jam setelah Anda berhenti merokok. Setelah dua jam tanpa rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan mengalami penurunan mendekati tingkat yang sehat. Sirkulasi perifel Anda juga mungkin meningkat. Perhatikan ujung jari kaki dan tangan Anda – karena mungkin akan mulai terasa hangat. Gejala penghentian nikotin biasanya dimulai sekitar dua jam setelah Anda mengisap rokok terakhir Anda. Gejala awal biasanya cenderung bersifat emosional, termasuk:
  • Sangat ingin merokok secara terus-menerus
  • Merasa cemas, tegang atau frustrasi
  • Mengantuk atau kesulitan tidur
  • Nafsu makan meningkat
Untuk melawan gejala-gejala ini, cobalah untuk mengakuinya dengan rasionalisasi dan menuliskannya. Jangan menipu diri Anda dengan merokok lagi karena hal itu justru hanya akan membuat Anda jengkel.

12 jam setelah Anda berhenti merokok. Karbon monoksida – yang dapat menjadi racun bagi tubuh pada tingkat tinggi – dilepaskan dari pembakaran tembakau dan dihirup sebagai bagian dari asap rokok. Karena karbon monoksida terikat baik dengan sel darah, kandungan tinggi dari zat ini dapat mencegah sel darah untuk mengikat oksigen, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah jantung yang serius. Hanya dalam waktu 12 jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh Anda akan menurun ke tingkat normal, dan kadar oksigen dalam darah Anda akan meningkat sampai tingkat normal.

24 jam setelah Anda berhenti merokok. Rata-rata serangan jantung di kalangan perokok 70%lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Namun, percaya atau tidak, hanya sehari penuh setelah Anda berhenti merokok, resiko serangan jantgung Anda sudah mulai menurun. Meskipun Anda belum sepenuhnya bebas, namun Anda sudah berada di jalan yang benar.

48 jam setelah Anda berhenti merokok. Merokok mungkin tidak mengancam nyawa, namun indra yang mati – terutama indra penciuman dan perasa – merupakan salah satu konsekuensi yang jelas dari rokok. Untungnya, setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf Anda akan mulai tumbuh kembali, dan kemampuan Anda untuk mencium dan merasa akan meningkat. Hanya sedikit waktu lagi, Anda akan kembali menghargai hal-hal yang lebih baik dalam kehidupan.

72 jam setelah Anda berhenti merokok. Pada titik ini, nikotin akan benar-benar keluar dari tubuh Anda. Sayangnya, gejala yang timbul akibat berhenti merokok akan mencapai puncaknya di sekitar waktu ini. Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala fisik seperti sakit kepala, mual, atau kram di samping gejala emosional yang telah disebutkan sebelumnya. Untungnya, gejala fisik ini akan berlalu dengan cepat.
Untuk melawan gejala mental, pertimbangkan untuk menghargai diri Anda yang tidak lagi merokok: gunakan uang yang biasanya Anda habiskan untuk membeli rokok dengan menghabiskan makan malam di restoran yang bagus.

2 sampai 3 minggu setelah Anda berhenti merokok. Setelah beberapa minggu, Anda akan mulai benar-benar merasa berbeda. Anda pada akhirnya bisa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tanpa merasa kehabisan nafas dan sakit. Hal ini disebabkan sejumlah proses regeneratif yang mulai terjadi dalam tubuh Anda; sirkulasi tubuh Anda  akan meningkat, dan fungsi paru-paru Anda juga akan meningkat secara signifikan. Setelah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru Anda akan mulai terasa lega, dan Anda akan mulai bernafas dengan lebih mudah.
Bagi kebanyakan perokok, gejala yang timbul akibat berhenti merokok akan hilang dua minggu setelah berhenti merokok.

1 sampai 9 bulan setelah Anda berhenti merokok. Sekitar sebulan setelah Anda berhenti merokok, paru-paru Anda akan mulai beregenerasi. Di dalam paru-paru, silia – rambut halus – seperti organel yang mendorong lendir keluar – mulai memperbaiki diri dan kembali berfungsi dengan baik. Dengan silia yang kembali dapat berfungsi dengan baik, akan menolong mengurangi resiko Anda terkena infeksi. Dengan paru-paru yang berfungsi sebagaimana mestinya, batuk dan sesak nafas yang Anda alami akan terus menurun secara dramatis.
Bahkan untuk para perokok berat, gejala yang timbul akibat berhenti merokok tidak akan lagi terasa beberapa bulan setelah berhenti dari merokok.

1 tahun setelah Anda berhenti merokok. Menandai satu tahun berhentinya Anda dari kebiasaan merokok merupakan hal yang besar. Setelah setahun tanpa rokok, resiko Anda terkena serangan jantung akan menurun sampai 50% dibandingkan ketika Anda masih merokok. Cara lain untuk melihat pada kemajuan ini adalah seorang perokok dua kali lebih mungkin dibandingkan Anda untuk menderita semua jenis penyakit jantung.

5 tahun setelah Anda berhenti merokok. Sejumlah zat dilepaskan dalam proses pembakaran tembakau – karbon monoksida merupakan salah satu di antaranya – akan menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit, yang meningkatkan resiko Anda mengalami stroke. Setelah 5-15 tahun bebas dari rokok, resiko Anda untuk memgalami stroke sama dengan mereka yang bukan perokok.

10 tahun setelah Anda berhenti merokok. Para perokok memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok untuk daftar menakutkan dari penyakit kanker, dengan kanker paru-paru menjadi yang paling umum dan salah satu jenis yang paling berbahaya. Merokok menyumbang 90% kematian akibat penyakit paru-paru di seluruh dunia. Hal ini akan memakan waktu 10 tahun, namun jika Anda berhenti, resiko kematian akibat kanker paru-partu akan turun 50% dibandingkan mereka yang merokok. 10 tahun setelah Anda berhenti merokok, resiko Anda dari kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal dan pankreas juga akan menurun.

15 tahun setelah Anda berhenti merokok. 15 tahun tanpa merokok akan membawa resiko penyakt jantung kembali ke tingkat yang sama dengan mereka yang memang bukan perokok. Anda tidak akan lagi berada pada posisi yang lebih tinggi dari normal untuk berbagai kondisi seperti serangan jantung, penyakit koroner, arhitmia, angina, infeksi jantung maupun kondisi yang mempengaruhi irama detak jantung Anda.

Manfaat jangka panjang dari menghentikan kebiasaan merokok sangatlah fantastis. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, mereka yang tidak merokok rata-rata hidup 14 tahun lebih lama dibandingkan para perokok. Berhenti hari ini, dan Anda akan memperpanjang rentang hidup Anda dan menghidupi tahun-tahun ekstra dengan sistem kardiovaskular yang dapat berfungsi, saat Anda aktif dan merasa luar biasa.
Apakah Anda siap berhenti? Berhenti memang tidak mudah, namun hal itu sangat layak untuk diperjuangkan, dan ada sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda berhenti hari ini. Apakah Anda siap untuk menikmati manfaat dari hidup bebas asap rokok?

CARA BERHENTI MEROKOK
Cara Ampuh pertama adalah mulailah dari diri sendiri. Maksudnya, bulatkan niat bahwa "SAYA HARUS BERHENTI MEROKOK UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK". Terus motivasi diri Anda sendiri dimana saja dan kapan saja 

Mungkin kalau masih awal, Anda tidak harus berhenti merokok TOTAL, tapi kurangi jatah merokoknya.  Misalnya Anda biasanya merokok sehari habis 5 puntung rokok, tapi dalam kurang lebih 1 bulan kedepan kurangi menjadi 3 puntung rokok sehari. Bulan depannya kurangi lagi menjadi 2 puntung sehari, kemudian 1 puntung sehari. dan akhirnya Anda pun terbiasa untuk tidak merokok. Istilah jawanya "alon-alon penting kelakon" artinya "pelan-pelan yang penting terlaksana.

Cara Ampuh berhenti merokok yang ketiga adalah bergaul dengan orang yang telah berhasil berhenti merokok. Kemudian Anda bisa bertanya bagaimana cara bisa berhasil berhenti merokok. Karena biasanya setiap orang mempunyai cara-cara sendiri dalam menghentikan merokok, tergantung pengalaman masing-masing.

Segera beritahu teman-teman Anda kalau Anda "TIDAK MEROKOK LAGI". Maka karena tidak ingin di cap sebagai pembohong,pembual,mulut besar atau cuma omong doang  maka dimana saja saat bersama teman Anda maka Anda sekuat tenaga untuk tidak merokok.
Cara Ampuh berhenti merokok dengan menjauhi aktivitas menunggu. Karena bosan menunggu seseorang atau apapun, hal yang paling enak dilakukan adalah merokok dan main Handphone. Maka saran dari kami adalah segera berdiri dan cari aktivitas lain.

Biasakan hidup bersih dan sehat. Sulap rumah Anda menjadi rumah yang rapi dan bersih (bebas dari hal berbau rokok seperti bungkus rokok dan asbak), makanlah makanan yang sehat dan teratur. Dengan begitu Anda pun tidak ingin mengotori rumah Anda dengan puntung rokok lagi.
"KESUNGGUHAN". Banyak orang yang gagal dalam usahanya berhenti merokok, itu tidak lain karena mereka TIDAK SUNGUH-SUNGGUH.
YANG TERAKHIR
PERBANYAK IBADAH DENGAN MENDEKATKAN DIRI DENGAN TUHAN MAKA JAULAH KAU DARI ROKOK

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. wah serem banget tuh bahaya dari merokok, untung saya belum pernah nyobain kaya gituan.

    BalasHapus

// Copyright © 2012 Pakdhe Girang //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //