Newest Post

// Posted by :Sabri Sangjaya // On :Jumat, 01 Maret 2013

 Tinggalkan Kebiasaan Yang Dirasa Tidak Bermanfaat

Untuk sementara, hapuslah semua kegiatan-kegiatan  yang tidak ada manfaatnya, misal : Bergadang, Pacaran, Nonton TV, Facebookan, Tapi Semua ada batasnya ya, adik-adik bisa lakukan itu semua asalkan jangan sampai berlebihan. Atau tinggalkan sama sekali.

Banyak Berdoa dan Jadikan Semua Itu Adalah Pelajaran Terbaik Bagi Adik-Adik 

Sebesar apapun usaha anda tapi jika tidak di dampingi dengan do’a, saya rasa semua sama saja, karena Allah lah yang menentukan semuanya, jadi adik-adik harus minta sama Allah, agar usaha yang dilakukan oleh adik-adik sekalian sesuai dengan hasilnya. Begini, kak didik punya cerita tentang monyet, lo kok tentang monyet?emang hubungannya apa belajar dengan monyet?”sambil marah-marah”,hehehe sabar ya, begini ceritanya. Suatu ketika ada monyet sedang memanjat sebuah pohon untuk mengambil pisang, tiba-tiba ada angin topan datang, monyetnya tidak jatuh, ia berpegang kuat dengan pohon tersebut, ketika ada angin puting beliuang, ia juga tidak jatuh, justru semakin kuat pegangan monyet tersebut, ada gempa juga,tsunami, ia tetap diatas pohon dan tidak jatuh. Tapi adik-adik sekalian tiba-tiba datanglah angin yang sangat lembut, sangat indah, sepoi-sepoi, datang menyerang ubun-ubun si monyet tersebut, dan monyet tersebut lama-kelamaan ngantuk dan jatuh. Nah dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa adik-adik juga harus tahu bahwa nilai-nilai yang jelek yang sering datang kepada adik-adik sekalian, justru itu akan membuat adik-adik menjadi lebih belajar lagi, berdo’a dan tidak sombong. Namun orang sering lupa ketika ia merasa pintar dan nilainya selalu bagus, dan ia pun justru sering lalai dan kemudian jatuh dan nilainya buruk atau tidak lulus Ujian. Mudah-mudahan kita semua jauh dari sifat itu, dan kalau adik-adik belajar dan berdo’a, InsyaAllah nilai adik-adik akan sangat memuaskan.

Jaga Kesehatan
Apapun itu, jika adik-adik sakit, yang ada justru adik tidak bisa konsentrasi dengan baik, adik-adik tidak bisa berpikir, jiwa lemas, hati lemas. Oleh karena itu jaga kesehatan, karena kesehatan itu mahal, Jaga kesehatan disini artinya adalah adik-adik bisa melakukan pola makanan sehat, pola hidup sehat.
Berikut beberapa contoh kegiatan menyehatkan :
1. Tidak Mengkonsumsi Jajanan Pasar Yang Belum Jelas Kualitas Kesehatannya
2. Olahraga di Pagi Hari, Tidak Usah Lama-Lama, 15 Menit Saja.
3. Makan Secara teratur, Yaitu Makan 3 Kali, Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam.
4. Mulai Mengkonsumsi 4 Sehat 5 Sempurna : Nasi, Daging, Sayur-Sayuran, Buah-Buahan, dan Susu.
5.  Jangan Bergadang, jangan Merokok, jangan Mabuk-Mabukkan, Narkotika dll.
6. KURANGI Bagi laki2 (NGE FAP) 

Prasangka Baik dan Niat Yang Baik
Ingat adik-adik, semua itu harus di mulai dengan prasangka baik dan niat yang baik pula, kalau prinsip kak didik adalah “Allah itu bergantung pada prasangka hambanya”. Maka kalau adik sendiri udah prasangka buruk dengan Allah bahwa nanti nilai adik jelek, yang ada malah terkabulkan yaitu jelek. Tapi jika adik-adik sekalian punya niat dan prasangka yang baik dengan Allah, maka yakinlah adik akan sukses ujian Nasional 2013 nanti.



Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus, tip ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.  

Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban. Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
  • soal paling sulit
  • yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
  • memiliki nilai terkecil
Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

Analisa hasil ujianmu.
Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.


JANGAN ISI LJK SEPERTI FOTO DI BAWAH INI


JANGAN NYONTOH/NYONTEK


 jika kita mau nyontek ikuti tips dibawah ini
1.pastikan yang anda contoh adalah orang pintar (otak wikipedia)
2.Timing yang pas perhatikan gerak gerik guru
3.pastikan jawaban yang dijawab itu bener (karena biasanya ada temen yang usil)
4. YANG ANDA CONTOH SATU PAKET
5. jangan nyontek sering2 karena akan membuat si sumber jengkel
6.sebaiknya nyontoh itu untuk mencocokan jawaban



sekian tipsnya jika ada yang kurang akan di update atau mbaca postingan yang ini
cara dapat nilai ulangan yang bagus
http://pakdhegirang.blogspot.com/2012/11/cara-mendapatkan-nilai-yang-bagus-dalam.html

BAHAYA NYONTEK
http://pakdhegirang.blogspot.com/2012/11/bahaya-nyontek.html

{ 1 komentar... read them below or add one }

// Copyright © 2012 Pakdhe Girang //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //